• RSS
  • instagram
Latest Post
Loading...

Mengenal Gamat (Teripang)

Gamat (Teripang)
Gamat/Teripang merupakan hewan invertebrata (tidak bertulang belakang) yang hidup di dasar laut, memiliki tubuh memanjang dengan permukaan kulit agak kasar, biasa dikenal sebagai Teripang, sea cucumber atau hoi som. Gamat mengkonsumsi plankton dan bahan-bahan organik lain yang ada di dasar laut.

Terdapat kurang lebih 1000 species gamat, namun yang dapat dijadikan bahan makanan tidak lebih dari 40 species saja. Satu diantara Gamat yang dapat kita konsumsi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah gamat species Stichopus hermanii atau Gamat Emas.

Biasanya gamat/teripang dikeringkan, dibuat serbuk dan saat ini ekstrak teripang telah diolah dalam bentuk jelly yang lebih dikenal dengan nama Jelly Gamat.

Dalam sejarah tradisional China Gamat telah digunakan sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu untuk membantu mengatasi keluhan seperti menyembuhkan luka, meredakan rasa sakit di persendian, memperlancar sirkulasi darah dan secara umum dikonsumsi sebagai hidangan spesial untuk menjaga kesehatan karena dinilai sebagai ginseng laut.
Demikian pula oleh masyarakat Malaysia di Pulau Langkawi, sejak ratusan tahun lalu telah menggunakan Gamat untuk pengobatan seperti radang sendi, astma, luka bakar, penyakit kulit dan sebagai minyak urut. Kini khasiat Gamat semakin luas dimana dapat membantu mengatasi masalah paru-paru, hipertensi, diabetes, dan juga bagi ibu bersalin yang mengalami pembedahan (caesar).

Baca Juga : Manfaat dari Gamat/Teripang

Demikian artikel tentang Mengenal Gamat (Teripang). Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.