Cara Sederhana Cegah Stroke

@

Cara Sederhana Cegah Stroke. Stroke tetap menjadi momok yang menakutkan bagi siapa pun. Karena penyakit yang disebabkan oleh gangguan aliran pembuluh darah menyerang semua lapisan umur.

Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan pada tahun 2011, delapan dari setiap 1.000 orang di Indonesia, terkena stroke. Selain itu, stroke juga merupakan penyebab utama kematian di semua kelompok umur dengan proporsi 15,4 persen. Masing-masing dari tujuh orang yang meninggal di Indonesia, salah satunya karena stroke.

Menurut Neurolog dari Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr. Sukono Djojoatmodjo, stroke juga merupakan penyebab kecacatan paling utama dan sifatnya darurat. Dia juga menjelaskan bahwa kemungkinan pemulihan sebenarnya lebih besar jika pasien stroke segera diobati selama periode emas - empat setengah jam sampai enam jam setelah stroke- eksposur.

Cek disini :  Obat Herbal untuk Stroke

“Ini adalah masa di mana stroke harus segera ditangani, sehingga peluang untuk sembuh lebih besar,” ujar Sukono saat ditemui di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2013.

Lebih lanjut, Sukono memberikan sejumlah cara sederhana untuk mencegah stroke, yaitu :

- Menurunkan berat badan
Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya beberapa penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung yang menyebabkan stroke.

Untuk diketahui, orang yang kelebihan berat badan cenderung untuk mengalami stroke lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, menurunkan\n berat badan dapat mencegah risiko stroke.

- Rutin memeriksa tekanan darah
Tak sedikit orang menyepelekan pemeriksaan tekanan darah. Padahal, menurut Sukono, kondisi tekanan pembuluh darah yang mengalami peningkatan atau penurunan dapat diketahui dengan pemeriksaan tekanan darah rutin.

- Olahraga teratur
Ini merupakan salah satu cara agar Anda terhindar dari serangan stroke. Bukan hanya itu, berolahraga aktif, seperti joging, berjalan kaki, atau aerobik dapat membantu menjaga tekanan darah normal.

Demikian sedikit tips tentang Cara Sederhana Cegah Stroke, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.