• RSS
  • instagram
Latest Post
Loading...

Tips Mencegah Maag Kronis

Tips Mencegah Maag Kronis
Tips Mencegah Maag Kronis. Biasanya sakit maag yang tidak kunjung sembuh dan selalu kambuh itu disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :

- Selalu melanggar pantangan yang bisa menyebabkan asam lambung menjadi tinggi.
- Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur. Banyak dari penderita sakit maag selalu makan makanan yang tidak sehat dan tidak teratur. Padahal mereka sebenarnya sudah tahu prilaku yang seperti itu bisa menyebabkan penyakit maag semakin parah.
- Kurang mengonsumsi serat, serat sangatlah penting bagi pencernaan. Pada penderita sakit maag biasanya banyak kekurangan serat. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran.
Sudah ada luka pada dinding lambung, jika pantangan, pola makan selalu terjaga ada hal lain yang bisa menyebabkan sakit maag tidak kunjung sembuh dan selalu kambuh, yaitu sudah ada luka pada dinding lambung. Untuk mengetahui ada luka pada dinding lambung biasanya medis menyarankan (endoskopi). Selama luka pada dinding lambung belum sembuh maka penyakit maag pasti akan selalu kambuh. Obat-obatan yang banyak beredar di pasaran kebanyakan hanya menguragi rasa sakitnya saja tapi tidak bisa menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Cek disini Obat Herbal untuk penyakit Maag.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Salah satu cara untuk menghindari kambuhnya maag adalah menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag. Dengan demikian, diharapkan maag tidak mudah kambuh, sehingga aktivitas harian tidak terganggu.

1. Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas

Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.

2. Minuman Bersoda

Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.

4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.

6. Makanan Yang Sulit Dicerna

Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.

7. Hindari Merokok dan Stress