• RSS
  • instagram
Latest Post
Loading...

Apa Itu Bekam / Hijamah dan Apa Saja Manfaatnya?

 Bekam / Hijamah
BEKAM / Hijamah berasal dari istilah Bahasa Melayu yang berarti pelepasan darah kotor, dalam bahasa Inggris disebut dengan CUPPING, dalam bahasa Arab adalah AL-HIJAMAH dan di Indonesia kita kenal dengan istilah KOP atau CANTUK. 

Bekam / Hijamah adalah salah satu metode pengobatan penyakit dengan cara mengeluarkan angin dan membuang Darah kotor (Toksid/Racun) yang berbahaya dan sudah tidak dipakai oleh tubuh yang berada di bawah kulit melalui pembukaan kulit Epidermis.

Kulit adalah Organ terbesar dalam tubuh manusia, karena itu banyak mengandung Darah Kotor/Toksid/Racun yang berkumpul akibat sisa-sisa metabolisme. Dengan bekam dapat membersihkan darah yang mengalir dalam tubuh manusia. Inilah salah satu DETOKSIFIKASI (proses pengeluaran toksid/racun) yang baik. Berbekam sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit, memulihkan fungsi tubuh serta memberi harapan pada penderita untuk terus berikhtiar mendapat kesembuhan.

Hijamah sudah dipakai sejak zaman Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Berikut ini sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam mengenai terapi bekam, sbb:
  1. Dari Jabir berkata: Saya mendengar Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda "…jika dalam sebagian obat kalian terdapat kebaikan, maka itu terdapat dalam sayatan alat bekam, minum madu, atau sundutan besi panas yang sesuai dengan penyakit, tetapi aku tidak suka berobat dengan sundutan besi panas". (HR. Bukhari Muslim, dan Ahmad dalam Musnadnya).

  2. Dari Ibnu Abas, Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda: "Tidaklah aku berlalu di hadapan sekelompok malaikat pada malam perjalanan isra'ku, kecuali mereka berkata “Wahai Muhammad, perintahkan umatmu supaya berbekam”. (HR Bazzar dari Ibnu Abas dan Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud. Disahihkan oleh Syaikh Muhammad Nashirudin Albani dalam Shahihul Jami. Disahihkan juga oleh beberapa imam yang lain dari beberapa sahabat).

  3. Dari Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam beliau bersabda "...sungguh di antara obat terbaik kalian adalah bekam". (HR. Ahmad).

  4. Dari Ibnu Abas, Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda "...sebaik-baik hamba sahaya adalah yang pandai membekam, ia membuang darah, melunakkan yang keras, dan menajamkan penglihatan”. (HR Tarmidzi).

  5. Dari Hasan Basri, ia berkata: Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam bersabda "..sungguh kalian pasti perlu berobat, sedangkan pengobatan terbaik yang kalian gunakan adalah bekam”. (Hadits ini mursal. diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Baihaqi).

Rasulullah SAW memerintahkan ummatnya untuk berBEKAM karena ada banyak sekali manfaat yg dihasilkan apabila ditinjau dari segi medis.

Inilah Manfaat dari Bekam/Hijamah, yaitu :
  • Melancarkan peredaran darah dengan menghilangkan sumbatan dalam pembuluh darah
  • Menghilangkan zat sisa endapan pada sumbatan pembuluh darah kecil biasanya terdapat pada kulit, sisa endapan tersebut dapat menghambat arus pembuluh darah balik , endapan tersebut biasanya kolesterol, trombus ataupun sisa metabolik dan toxin
  • Mencegah arterosclerosis dan kekakuan pembuluh darah
  • Merangsang pembentukan sel darah merah yg baru (efek tranfusi)
  • Merangsang aktifitas sumsum tulang
  • Meningkatkan efektifitas penyampaian zat makanan dan oksigen ke semua sel karena terbentuknya sel darah merah yg baru
  • Mengurangi beban kerja limpa karena darah yang sudah tua tidak di metabolisme di limpa tapi dikeluarkan dg bekam
  • Merangsang immune system dengan keluarnya beberapa zat kimia tubuh seperti prostaglandin, tromboxan, leukotrien, prostasiklin
  • Mencegah timbulnya kanker dan penyakit infeksi.

Demikian artikel tentang Apa Itu Bekam / Hijamah dan Apa Saja Manfaatnya? sudah kami jabarkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.